Bingung Pilih Adsense Blog atau Adsense Youtube

Bingung pilih Adsense Blog atau Adsense Youtube - Setelah berkenalan dengan Adsense sebelumnya, barangkali muncul masalah baru, sebaiknya saya focus di Adsense Blog atau Adsense Youtube? Sebelum memutuskan, sobat bisa melihat beberapa gambaran di bawah, setidaknya itu adalah pengalama pribadi dan mungkin akan sangat berbeda dengan sobat lainnya. Dengan harapan, point-point penting di bawah bisa lebih meyakinkan sobat untuk lebih focus dalam bermain Adsense, baik Blog maupun Youtube.

# Adsense Blog

  • Sobat harus punya blog, dalam hal ini gunakan blogger (blogspot.com). Ini adalah layanan blog yang bersifat gratis dari Google. Selain gratis, penggunaannya pun sangat mudah ga perlu diributkan masalah bahasa pemrograman. Pokonya sobat tinggal drag and drop, mengetik layaknya Miscrosoft Office Word lalu publish. Bagaimana dengan blog berbasis Wordpress (.wordpress.com) ? setau Mamang Adsense itu tidak bisa didaftarkan Adsense Blog kecuali sobat mempunyai hosting sendiri lalu install CMS Wordpress. Selain itu, blog yang sudah dibuat (.blogspot.com) bisa kita kostum dengan nama sendiri tanpa ada embel-embel .blogspot.com tinggal beli saja domain .com atau TLD lainnya kemudian dikostumisasi.
Kalau ada yang gratis kenapa tidak?
  • Punya blog belumlah cukup, sobat harus berfikir keras apa isi dari blog tersebut. Content atau isi blog merupakan nyawa dan sekaligus produk yang harus dijaga, dikemas sehingga laku dipasaran. Content yang gado-gado dengan content yang spesifik itu akan berbeda kualitasnya, kecuali blog tersebut tentang berita. Adsense akan sangat seneng jika blog yang disinggapinya memuat content yang berkualitas, 1 topik dan memberikan manfaat untuk visitor (pengunjung). Tahapan ini merupakan tahapan yang paling sulit, karena sobat dituntut untuk riset pasar, riset niche, riset keyword sehingga contentnya benar-benar dicari dan dibutuhkan orang banyak.

  • Masih seputar content atau isi blog, sobat juga perlu mempertimbangkan niche apa yang menurut Adsense bayarannya mahal. Karena begini, iklan Adsense tidak serta merta muncul di blog. Dengan algoritma yang dibuat oleh Google, Adsense ini mampu mendeteksi content yang ada dalam blog yang disinggapinya dan mampu mendeteksi apa yang banyak dicari oleh pengunjung setia blog tersebut. Dengan begitu iklan akan muncul menyesuaikan kedua hal di atas. Sebagai contoh, blog A niche pendidikan maka sudah barang tentu iklan yang muncul di blog tersebut akan lebih banyak tentang pendidikan. Blog B niche tentang otomotif, maka iklannya juga tidak akan jauh dari iklan otomotif. Nah, disinilah kita harus pandai-pandai memilih niche atau topik untuk blog kita nanti karena masing-masing iklan itu berbeda bayarannya. Yang banyak menjadi incaran para blogger diantaranya niche kesehatan, pendidikan, home, otomotif, teknologi. Untuk lebih jelasnya sobat bisa gunakan Google planner untuk riset niche ini.
Niche sesuai dengan hobi akan lebih enak ketimbang niche yang dipaksakan
  • Setelah niche kita tentukan, sobat harus siap untuk posting secara kontinue. Cari referensi mengenai niche tersebut, bikin postingan yang menarik lain daripada yang lain. Mulailah belajar bikin artikel. Kesulitan yang biasanya muncul yaitu bingung harus mulai posting dari mana, apa yang harus diposting dan masih banyak lagi. Wajar, karena itu sebagai awalan nanti semakin hari semakin terbiasa. Pokonya tulis aja layaknya kita berbicara dengan teman, bahasa gaul campur aduk tidak menjadi masalah yang penting kena maksud dan tujuan dari content tersebut. Buatlah jadwal untuk posting artikel, misal 2 artikel perhari, pagi dan siang atau 3 artikel atau bahkan sampai 10 artikel. Kalau menurut Mamang Adsense normalnya kisaran 3 - 7 per hari itu masih wajar, karena ditakutkan kita disangkanya nyepam kalau posting banyak dalam satu waktu.

  • Karena keterbatasan bahasa, bolehlah sobat menggunakan bahasa Indonesia dalam setiap postingannya tapi tentunya ini juga berpengaruh terhadap earning atau penghasilan. Logiknya kalau blog berbahasa Indonesia maka visitor atau pengunjungnya juga tidak akan jauh dari Negara Indonesia dan kita tahu jika kliknya berasal dari visitor Indonesia maka bayarannya tidak sebesar bayaran klik visitor USA. Tapi tidak apa, daripada kita harus memaksakan diri sehingga membuat content tidak berkualitas.
Aku Cinta Bahasa Indonesia :D
  • Awas, ketika posting jangan asal posting ya! Setidaknya ada judul, ada isi dan ada gambar, biasakan seperti itu dan disarankan tidak kurang dari 500 kata. Sulit?? tidak sulit bagi yang benar-benar serius, pokonya dijalani saja dipraktekan nanti lama-lama juga terbiasa. Selain itu, biasakan juga nulis postingan yang rapi, kalau Mamang Adsense seperti ini bisanya :D untuk perataan gunakan rata kiri dan kanan (justify). Ada judul ada subjudul, penekanan kalimat, penebalan kata, pokonya dibikin semenarik dan seindah mungkin. Meskipun sebetulnya tampilan nomor 9, content berkualitaslah yang menjadi tujuan utama.
Nulis artikel itu anggap saja lagi berbicara dengan teman
  • Peringatan keras, hindari copy paste. Nah, lho... yang suka copas atau copy paste hati-hati biar kemitraan dengan Adsense terjalin baik dan bisa bertahan lama. 

  • Gunakan sosmed untuk promosi. jangan salah G+, Facebook, Twitter itu menjadi salah satu sarana promosi ampuh ditambah lagi dengan kegratisannya, heee

  • Satu lagi aja deh, visitor. Visitor atau pengunjung adalah pundi-pundi $ bagi kita, karena semakin ramai blog semakin seneng Adsense dan semakin banyak iklan yang muncul terutama iklan premium. Untuk mendapatkan 10 UV (unique visitor) per hari saja sangat sulit, terutama diawal-awal pembuatan blog tapi jangan membuat putus semangat, pokonya posting, posting, dan posting content yang berkualitas dan insyaAllah dengan sendirinya visitor akan berdatangan.
Pilih mana, pasang iklan di dekat kuburan atau di dekat terminal?
  • Hmm... apalagi ya? ditunggu saja komeng dari para masta. Nah bagi yang belum berkenalan dengan Adsense silahkan berkenalan dulu, taken mak tasay :D

# Adsense Youtube


  • Sobat harus punya channel atau saluran minimal 1 di Youtube, gampang ko buatnya

  • Agak sedikit berat kalo bagian ini, karena sobat harus punya video untuk diupload. Video harus asli buatan sendiri jangan sampai upload video milik orang lain, resikonya siap-siap saluran sobat dibaned atau bahkan akun Adsense Youtube yand dibaned. Video yang diupload bisa merupakan video rekaman handycame, handphone atau camera video lainnya atau video yang dibuat dengan menggunakan software komputer, biasanya video yang bersifat tutorial. Sobat tentunya sudah pada punya handphone kan dan itu sudah bisa merekam video kan? Tidak ada salahnya jika ada moment-moment yang spesial atau kejadian yang lucu, aneh dan lain sebagainya, rekam lalu upload, terus dan terus seperti itu.
Kunci sukses Adsense Youtube adalah upload sebanyak mungkin video
  • Bagi yang mengalami kesulitan dalam koleksi video, Youtube memberikan fasilitas CC (commons creative) atau video-video yang bersifat reuse (bisa digunakan kembali), diedit lalu diupload oleh sobat.

  • Karena di Youtube memungkinkan untuk membuat lebih dari 1 channel, maka Mamang Adsense menyarankan untuk memisahkan masing-masing topik dalam berbagai channel. Misal, topik video lucu di channel A, video tutorial di channel B dan seterusnya.

  • Sangat dilarang upload video yang ada hak ciptanya seperti film dan musik, resiko dipentung Youtube.

  • Agar bisa upload video lebih dari 15 menit, channel sobat harus diverifikasi dulu dengan menggunakan nomor handphone yang belum pernah digunakan.

  • Bagaimana jaringan internet di rumah sobat? ini berkaitan erat dengan proses upload, karena upload video ukuran 10 MB saja, lamanya minta ampiun kecuali yang sudah tahu triknya :D

  • Punya target upload setiap harinya tapi jangan sampai over juga uploadnya nanti disangka nyepam lagi, kecuali yang sudah tahu triknya :D

  • Hmm... silahkan tambahkan lagi para Youtuber dan para Uploader :D
InsyaAllah tips dan trik bermain Adsense Blog dan Adsense Youtube kita share di sini
Inilah efek dari berkenalan dengan Adsense, suka duka dilalui dan yang paling penting sabar dikala duka, bersyukur dikala suka. Tidak ada jalan yang mulus, naik turun pasti ada, bukit nan lembah pasti dilalui, badai gelombang pasti datang tapi pastikan kapal berlayar dengan tenang :D

So... tinggal pilih aja, mau Adsense Blog atau Adsense Youtube atau bahkan keduanya???

28 Responses to "Bingung Pilih Adsense Blog atau Adsense Youtube"

  1. Ira triana putri
    Kelas XII.Ipa.1

    Sakurairatriana12gmail.com

    ReplyDelete
  2. mau nanya mas apakah chan el youtube gado gado dapat menurunkan pembayaran iklan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak juga mas, justru saya seneng upload berbagai jenis video dalam satu channel. yang penting videonya ori dan tidak melanggar hak cipta... tapi kalau mau bikin chanel per jenis video juga boleh. terima kasih

      Delete
  3. gan katanya cc video di youtube boleh,,tapi kok akun saya di banned...trimsss

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf mas, kalau dalam video tersebut masih terdapat "sesuatu" yang melanggar hak cipta jelas akan dibanned. makanya sekedar saran, tetap upload video original sesuai passion yang dimiliki. terima kasih

      Delete
    2. salam kenal mas irawan...mau bertanya.apakah boleh blog dan juga youtube secara bersamaan di masukkan ke adsense?
      mohon info nya,terimah kasih

      Delete
  4. ada info gan, perhitungan EARN DOLLAR dr YOUTUBE berdasarkan apa? Time, Viewer, atau APA?

    ReplyDelete
  5. Mantep banget artikelnya.. silhakan kunjugi. Jangan lupa di backlink yah agan2 heheh

    https://jaringankentut.Blogspot.Com

    ReplyDelete
  6. Saya punya blog, tapi saya berniat membuat akun youtube? apakah sebaiknya akun(gmail) sama dengan yang untuk blog, atau lebih baik beda kalo kontennya nanti sama? terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. gmna perkembangan blog di adsense bu?

      Delete
    2. apakah boleh memasukkan blog dan youtube ke adsense secara bersamaan? mohon info nya bu?

      Delete
  7. Kalau ngetik artikel di word, kemudian di copas ke blog. Apakah itu aman?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau saya ngetiknya di Notepad, bukan di word

      Delete
  8. tpi sekarang youtuber creator lgi bercemas nih ka soalnya kan angka adsense di indonesia sekarang lagi turun o iya ka aku mau kasih tau nih ka "Zapplerepair pengerjaan di tempat. Zapplerepair memberikan jasa service onsite home servis pengerjaan di tempat khusus untuk kota Jakarta, Bandung dan Surabaya dengan menaikan level servis ditambah free konsultasi untuk solusi di bidang data security, Networking dan performa yang cocok untuk kebutuhan anda dan sengat terjangkau di kantong" anda (http://onsite.znotebookrepair.com)

    ReplyDelete
  9. mantap banget artikelnya gann...
    enak bacanya cpat dipahami...

    dicek juga gan blog baru anee pemula..hehe

    ReplyDelete
  10. makasih atas infonya ga, salam kenal, kalau agan berkenan bisa berkunjung balik ke situs saya yaitu https://sobirinimam.blogspot.com saya juga berbagi informasi seputar dunia blog

    ReplyDelete
  11. Gan tanya dong...
    Boleh ga kalau main adsense blog dan youtube bersamaan? Bakal di banned ga ama google? Mohon pencerahannya ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. pertanyyan yang bagus nih, Admin maana nih? Perlu jawaban yang jelas nih

      Delete
  12. Ni yg mau blognya superseo laku dipasaran... buka website kami

    Http://inilahblogseo.blogspot.com

    ReplyDelete
  13. untuk adsense yotube sekarang berat bingiiiiiiitt... heheheh.. gak sanggup

    ReplyDelete
  14. KISAH NYATA , Aslamu alaikum wr wb..Allahu Akbar, Allahu akbar, Allahu akbar Bismillahirrahamaninrahim,,senang sekali saya bisa menulis dan berbagi kepada teman2 melalui room ini, sebelumnya dulu saya adalah seorang pengusaha dibidang property rumah tangga dan mencapai kesuksesan yang luar biasa, mobil rumah dan fasilitas lain sudah saya miliki, namun namanya cobaan saya sangat percaya kepada semua orang, hingga suaatu saat saya ditipu dengan teman saya sendiri dan membawa semua yng saya punya, akhirnya saya menaggung utang ke pelanggan saya totalnya 470 juta dan di bank totalnya 800 juta , saya stress dan hampir bunuh diri ,anak saya 2 orng masih sekolah di smp dan sma, suami saya pergi entah kemana dan meninggalkan saya dan anakanaknya ditengah tagihan utang yg menumpuk, demi makan sehari hari saya terpaksa jual nasi bungkus keliling dan kue, ditengah himpitan ekonomi seperti ini saya bertemu dengan seorang teman dan bercerita kepadanya, Alhamdulilah beliau memberikan saran kepada saya, dulu katanya dia juga seperti saya setelah bergabung dengan KI KUSUMO hidupnya kembali sukses, awalnya saya ragu dan tidak percaya tapi selama satu minggu saya berpikir dan melihat langsung hasilnya, saya akhirnya bergabung dan menghubungi KI KUSUMO di No 085342723618. Semua petunjuk AKI saya ikuti dan hanya 3 hari Astagfirullahallazim, Alhamdulilah Demi AllAH , akhirnya 5M yang saya minta benar benar ada di tangan saya, semua utang saya lunas dan sisanya buat modal usaha, kini saya kembali sukses terimaksih KI KUSUMO saya tidak akan melupakan jasa AKI. JIKA TEMAN TEMAN BERMINAT, YAKIN DAN PERCAYA INSYA ALLAH, SAYA SUDAH BUKTIKAN DEMI ALLAH SILAHKAN HUB AKI KUSUMO DI 085342723618. (TANPA TUMBAL/AMAN)

    ReplyDelete
  15. Setelah baca artikel di atas, saya putuskan mending di blog adsense, ternyata lebih mudah.. sya sendiri masih pakai blogspot.com.
    Makasih ya gan, sudah memberi pencerahan bagi saya seorang Publisher adsense yang masih haus tentang pengetahuan Adsnes dan trik Google Adsense...

    ReplyDelete
  16. Apa yang kamu cari di broker trading forex?
    1. Broker Aman dan Terpercaya?
    2. Akun Demo Gratis?
    3. minimum Deposit 50.000?
    4. Bonus Deposit?
    5. Customer support 24jam /7 hari ?
    6. Trading Platform Web-Browser Based?
    7. Proses Deposit & withdrawal cepat ?
    8. Pembayaran profit up to 80% ?
    9. Bonus Referral?

    Kamu bisa dapatin disini....
    DetikTrade merupakan platform trading online yang mempermudah Anda memulai petualangan menjadi seorang trader. Kami menawarkan dua instrumen: Forex, dan Asset lainnya.
    Bergabung bersama kami, silahkan tanya lebih lanjut di WA : 087752543745

    ReplyDelete
  17. Kalau sudah punya akun adsense blog, trus dipakai di youtube. ternyata ada pelanggaran TOS di youtube, apakah akun adsense di blog akan ikut kena banned ?

    ReplyDelete
  18. Halo semuanya
    Saya ingin menggunakan media ini untuk membuat Anda semua tahu bahwa mendapatkan pinjaman tidak sesulit dan sesulit yang Anda kira

    Saya Rina Mariana penduduk asli bandung. Indonesia
    Saya mendapat pinjaman dari  ONE BILLION RISING FUND dan proses aplikasi saya mudah, lancar dan mudah dimengerti dan saya telah diberkati sejak saya baru menjadi firma pinjaman dan hidup saya tidak lagi menjadi bahan tertawaan bagi orang-orang, tetapi mereka datang kepada saya sekarang untuk meminta nasihat dan bagaimana membantu mereka secara finansial dan sejauh ini saya telah memperkenalkan cukup banyak orang kepada perusahaan pinjaman dan mereka juga mendapatkan pinjaman dari   ONE BILLION RISING FUND

    Saya akan menyarankan bahwa jika Anda membutuhkan pinjaman dan Anda ingin mendapatkan bantuan karena kami telah mendapatkan bantuan dari  ONE BILLION RISING FUND   kemudian hubungi perusahaan pinjaman melalui gmail di bawah ini dan dapatkan transformasi dalam hidup Anda secara finansial seperti yang kami lakukan
    Mereka yakin, aman, andal, dan terbuka untuk pelanggan
    Mengapa saya menyukai mereka adalah Anda sangat bebas untuk bertanya tentang pinjaman Anda dan layanan mereka 24/7

                                              KONTAK PERUSAHAAN

     Nama Perusahaan ::::::ONE BILLION RISING FUND
    Gmail: onebillionrisingfund@gmail.com

                                 Hubungi saya
    Rina Marian
    rinamariana874@gmail.com

    ReplyDelete

Berkomentarlah dengan bijak!